Anggreini, Siska (2011) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Bonjol. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SISKA_ANGGREINI_86424_5223_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SISKA_ANGGREINI_86424_5223_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SISKA_ANGGREINI_86424_5223_2011.pdf
Download (578kB)
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki empat aspek keterampilan yang wajib dimiliki oleh siswa. Keempat aspek keterampilan berbahasa itu adalah mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Salah satu keterampilan membaca adalah keterampilan membaca pemahaman, sedangkan salah satu contoh keterampilan menulis adalah keterampilan menulis ringkasan. Di SMP Negeri I Bonjol keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis ringkasan siswa sangat rendah dan perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil deskripsi keterampilan membaca pemahaman, keterampilan menulis ringkasan, dan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri I Bonjol. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 125 orang yang tersebar dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Bonjol yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 30 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif untuk keterampilan membaca pemahaman dan tes tertulis untuk keterampilan menulis ringkasan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri I Bonjol berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rentangan nilai 60-65%. Kedua, keterampilan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri I Bonjol berada pada kualifikasi cukup dengan rentangan nilai 5665%. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis ringkasan siswa kelas VIII SMP Negeri I Bonjol pada derajat kebebasan n-2 dan taraf signifikansi 95%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca pemahaman, keterampilan menulis ringkasan, hubungan keterampilan, siswa SMP, pembelajaran bahasa Indonesia, metode deskriptif, kelas VIII |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 07:37 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26322 |