Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu di Kelas Rendah pada SD Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Sasmaneti, Sasmaneti (2011) Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu di Kelas Rendah pada SD Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SASMANETI_71213_834_2011.pdf] Text
final_B1_SASMANETI_71213_834_2011.pdf

Download (275kB)

Abstract

Sekolah Dasar di Kecamatan Sutera telah melaksanakan Pembelajaran
Terpadu sebagai penyempurnaan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan Pembelajaran
Terpadu pada Kelas Rendah di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Rumusan
masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Terpadu pada
Kelas Rendah di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan?. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana persiapan yang dibuat oleh guru sebelum
melaksanakan pembelajaran Terpadu pada siswa SD Kecamatan sutera, untuk
mengetahuai bagaimana bentuk pelaksanaan proses pembelajaran Terpadu di
kecamatan Sutera dan mengetahui bagaimana cara penilaian yang dilakukan oleh guru
yang mengajar dikelas rendah.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif yang
bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di
kelas rendah di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan (108 orang). Penarikan
sampel menggunakan total sampling yaitu semua pupolasi dijadikan sampel. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi, analisis data
menggunakan teknik persentase.
Berdasarkan analisa data diperoleh gambaran bahwa pada pembelajaran yang
menggunakan pembelajaran terpadu guru di kelas rendah telah melakukan persiapan
dengan baik dimana setiap sekolah yang ada di Kecamatan Sutera Kabuapten Pesisir
Selatan telah melakukan persiapan dan berpedoman kepada standar kompetensi dan
kompetensi dasar, Pada tahap evaluasi setiap sekolah yang ada di Kecamatan Sutera
Kabuapten Pesisir Selatan telah melakukan evaluasi yang baik dan berpedoman kepada
standar yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:37
Last Modified: 06 Oct 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26319

Actions (login required)

View Item
View Item