Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Penggunaan Teknik Inkuiri Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak

Sasmiyetti, Sasmiyetti (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Penggunaan Teknik Inkuiri Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SASMIYETTI_51220_1852_2011.pdf] Text
final_B1_SASMIYETTI_51220_1852_2011.pdf

Download (180kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan
kemampuan membaca pemahaman melalui teknik inkuri pada siswa kelas VII-2
SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Hipotesis
tindakan penelitian ini adalah penerapan teknik inkuiri mampu meningkatkan
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kecamatan
Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kecamatan
Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjumlah 30 orang siswa dengan
kemampuan dan daya serap siswa yang berbeda. Dengan adanya perbedaan
tersebut guru harus mampu menemukan metode yang tepat dalam pembelajaran.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan.
Hasil penelitian sebagai berikut: Pada siklus 1, siswa kurang memahami kosa
kata yang dipakai, karena bahan bacaan yang diberikan kurang menarik, hal ini
dibuktikan dengan masih rendahnya hasil belajar siswa, yaitu siswa yang tuntas
18 orang atau 60 %. Siklus II terjadi peningkatan siswa yang tuntas 26 orang atau
86,66 %.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa teknik inkuiri dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman, meskipun ada
beberapa orang siswa yang belum mengalami peningkatan dan perubahan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:36
Last Modified: 06 Oct 2025 07:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26318

Actions (login required)

View Item
View Item