Penerapan Strategi Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang

Permata, Siska Putri (2012) Penerapan Strategi Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SISKA PUTRI PERMATA_ 01756.pdf] Text
final_B1_SISKA PUTRI PERMATA_ 01756.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kondisi pembelajaran yang berlangsung secara konvensional, membuat siswa tidak mengetahui bagaimana sebenarnya belajar (belajar untuk belajar). Dalam pembelajaran matematika, kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang penting. Sementara itu kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah menerapkan strategi metakognitif dalam pembelajaran. Strategi metakognitif adalah strategi yang menimbulkan kesadaran pada siswa terhadap proses berpikirnya, yang meliputi: 1) Memahami masalah, 2) Merencanakan penyelesaian masalah, 3) Melaksanakan Penyelesaian Masalah, 4) Memeriksa kembali jawaban. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah sebelum dan setelah diterapkan strategi metakognitif dan 2) Mengetahui perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa selama penerapan strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian pra-eksperimen dan penelitian deskriptif dengan model rancangan penelitian One Group PretestPosttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas X sebagai kelas penelitian, karena berdasarkan observasi dan penjelasan guru diketahui bahwa siswa kelas X memiliki kemampuan kognitif tinggi tetapi masih rendah kemampuan pemecahan masalahnya. Data penelitian meliputi kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan setelah diterapkan strategi metakognitif. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar (khususnya kemampuan pemecahan masalah). Tes yang dilakukan adalah tes awal (sebelum diterapkan strategi metakognitif), dan tes akhir (setelah diterapkan strategi metakognitif). 1 Untuk menguatkan kesimpulan data maka ditambah dari hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik setelah diterapkan strategi metakognitif. Terlihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami masalah dan melaksanakan penyelesaian soal. Namun, siswa masih terkendala dalam membuat rencana untuk menyelesaikan masalah dan menemukan alternatif solusi lain yang bernilai benar, karena siswa masih kesulitan dalam mengomunikasikan idenya untuk menyusun rencana strategi penyelesaian. Kemudian siswa masih terbiasa menyelesaikan soal dengan cara yang sama seperti yang diajarkan guru. Siswa belum bisa menemukan cara lain yang bernilai benar. Secara keseluruhan disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Padang meningkat setelah diterapkan strategi metakognitif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Metakognitif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika, SMA Negeri 2 Padang, One Group Pretest-Posttest, Tes Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:36
Last Modified: 06 Oct 2025 07:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26313

Actions (login required)

View Item
View Item