Pengaruh Penerapan Strategi Learning Starts With A Question Pada Pembelajaran Minyak Bumi Kelas X SMAN 2 Gunung Talang

Marlinda, Siska (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Learning Starts With A Question Pada Pembelajaran Minyak Bumi Kelas X SMAN 2 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SISKA MARLINDA-86336-2011.pdf] Text
final_B1_SISKA MARLINDA-86336-2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran kimia di kelas X SMAN 2 Gunung Talang terlihat masih banyak siswa yang kurang aktif terutama dalam menemukan konsep. Siswa cenderung diam ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya, ataupun menjawab pertanyaan. Sebagian besar mereka masih belum memahami materi yang diberikan, sehingga hasil belajar rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan strategi Learning Start With a Question (LSQ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apakah penerapan strategi pembelajaran LSQ dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan minyak bumi kelas X SMAN 2 Gunung Talang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Gunung Talang tahun ajaran 2010/2011. Sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilihat dari nilai tes akhir. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen yang menerapkan strategi LSQ memiliki rata-rata nilai (68,43) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (63,00). Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 58 diperoleh t hitung 4 sebesar 1,73 sedangkan t sebesar 1,67. Hal ini berarti t hitung > t , maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan LSQ lebih tinggi secara signifikan dari pada tanpa LSQ pada pokok bahasan minyak bumi di kelas X SMAN 2 Gunung Talang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Learning Start With a Question (LSQ), Hasil Belajar, Kimia, Minyak Bumi, Penelitian Eksperimen, SMA Negeri 2 Gunung Talang
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:40
Last Modified: 06 Oct 2025 02:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26309

Actions (login required)

View Item
View Item