Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat dalam Menulis Karangan Argumentasi

Harnita, Siska (2008) Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat dalam Menulis Karangan Argumentasi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SISKA HARNITA 44193-03-08.pdf] Text
final_B1_SISKA HARNITA 44193-03-08.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat dalam menulis karangan argumentasi berdasarkan meyakinkan pembaca, berusaha membuktikan kebenaran suatu pernyataan, mengubah pendapat pembaca, dan mengajak pembaca agar sependapat dengan penulis. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Talamau yang berjumlah 160 dengan jumlah sampel 32 orang. Intrumen dalam penelitian ini adalah tes mengarang, siswa disuruh membuat karangan minimal tiga paragraf dengan memilih salah satu topik yang sudah disediakan. Waktu yang diberikan 60 menit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuam siswa kelas X SMA Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat berdasarkan ciri-ciri karangan argumentasi. Pertama, kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat dalam menulis karangan argumentasi untuk indikator A tergolong cukup (59,38%). Kedua, kemampuan siswa kelas X SMA Negeri I Talamau Kabupaten Pasaman Barat dalam menulis karangan argumentasi untuk indikator B tergolong lebih dari cukup (68,76%). Ketiga, kemampuan siswa kelas X SMA Negeri I Talamau Kabupaten Pasaman Barat dalam menulis karangan argumentasi untuk indikator C kurang (37,47). Keempat, kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat dalam menulis karangan argumentasi untuk indikator D tergolong kurang (38,52%). Kelima, kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat dalam menulis karangan argumentasi untuk gabungan keempat indikator tergolong hampir cukup (51%). Hal ini menunjukkan secara umum bahwa siswa masih harus banyak belajar dalam menulis karangan argumentasi, walaupun hanya ada beberapa orang siswa yang sempurna. Untuk itu penulis menyarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk lebih meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep argumentasi dan memberikan banyak latihan serta memberi umpan balik terhadap karangan siswa agar mengetahui kekurangann ya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Karangan Argumentasi, Siswa SMA, Penelitian Kuantitatif, SMA Negeri 1 Talamau, Indikator Argumentasi, Tes Mengarang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:29
Last Modified: 06 Oct 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26308

Actions (login required)

View Item
View Item