: Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 2 Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung

Fadhilah, Siska (2012) : Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 2 Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SISKA FADILA_93514_2012.pdf] Text
final_B1_SISKA FADILA_93514_2012.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti di lapangan bahwa pembelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran (teaching centered) sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran cooperative tipe Think Pair share yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 2 Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan, dan siklus dua dilaksanakan dua kali pertemuan. Semua dilakukan dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan , pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang di peroleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan diskusi. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan pembelajaran cooperative tipe TPS melalui dua siklus dapat meningkatkan hasil belajar IPS di SDN 2 Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Rata-rata kelas hasil belajar siswa sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran cooperative tipe TPS adalah 61,8. Setelah menggunakan pendekatan pembelajaran cooperative tipe TPS rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I adalah 64,7 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 76,6. Dengan demikian terbukti bahwa pendekatan pembelajaran cooperative tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 2 Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Cooperative Learning, Think Pair Share, Pendekatan Student Centered, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, SDN 2 Padang Laweh
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:29
Last Modified: 06 Oct 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26307

Actions (login required)

View Item
View Item