Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMP Negeri 30 Padang

Indra, Mardhiya (2010) Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMP Negeri 30 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARDIYAH_INDRA_83131_2011.pdf] Text
final_B1_MARDIYAH_INDRA_83131_2011.pdf

Download (372kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 30 Padang, terlihat proses belajar mengajar kurang optimal. Hal ini terbukti dengan kurangnya aktivitas dan minat siswa dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran TI&K pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy exsperiment yang bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang, pada tahun ajaran 2010 / 2011. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 30 Padang (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 30 Padang (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes hasil belajar, alat pengumpul data yaitu pedoman observasi dan lembaran soal tes. Data yang diperoleh, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Dari hasil penelitian, rata-rata nilai siswa dari pembelajaran yang menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams (84,2) lebih tinggi dari pembelajaran yang tidak menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams (79,3). Hasil uji t hitung > t tabel , yaitu 3,14 > 2,00 pada taraf kepercayaan α 0,05. Sedangkan untuk aktivitas, pada kelas yang menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams didapat rata-rata yaitu 41,92 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams yaitu 29,16 dengan hasil uji t hitung > t tabel , yaitu 3,02 > 2,00. Hal ini berati bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TI&K lebih efektif aktivitas dan hasil belajarnya jika dibandingkan dengan aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teams di SMP Negeri 30 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BELAJAR AKTIF TIPE QUIZ TEAMS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:34
Last Modified: 06 Oct 2025 07:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26306

Actions (login required)

View Item
View Item