Memory, Sisca (2011) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Ular Naga di TK Rahmah Abadi Kelas B5 Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SISCA_MEMORY_70867_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SISCA_MEMORY_70867_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SISCA_MEMORY_70867_2011.pdf
Download (420kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari masih banyaknya anak yang kemampuan motorik kasarnya belum berkembang dengan optimal di TK Rahmah Abadi Padang. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat apakah permainan ular naga dapat meningkatkan motorik kasar anak dalam melakukan gerakan ditempat dan berpindah, untuk itu dilakukan suatu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mana dalam satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Sbjek penelitian ini adalah anak TK Rahmah Abadi tahun ajaran 2010-2011, khususnya kelompok B5 yang berjumlah 19 orang. Pengumpulan data menggunakan format observasi dan dokmentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan table distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa dalam siklus I dan II kemampuan motorik kasar anak meningkat dalam melakukan gerakan ditempat dan berpindah melalui permainan ular naga di TK Rahmah Abadi. Saran hendaknya para pendidik memberikan permainan yang bervariasi untuk meningkatkan motorik kasar anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | otorik Kasar, Permainan Ular Naga, Penelitian Tindakan Kelas, Anak TK, Observasi, Peningkatan Kemampuan, Siklus Penelitian |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:28 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26304 |