Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN 1 Gunung Talang Kab. Solok

Wijaya, Sastra (2011) Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN 1 Gunung Talang Kab. Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SASTRA_WIJAYA_07332_398_2011.pdf] Text
final_B1_SASTRA_WIJAYA_07332_398_2011.pdf

Download (148kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan di SMA N 1 Gunung
Talang kab. Solok dimana penulis menemukan adanya dua orang Guru dalam
mata pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi yang berlatar belakang
sarjana komputer. Hasil penelitian di sekolah ini menunjukkan bahwa Guru sudah
membuat persiapan pembelajaran dengan baik, para siswa nampak asik dalam
mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh Guru Teknologi Informasi Dan
Komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persiapan pembelajaran
Teknologi Informasi Dan Komunikasi di SMA N 1 Gunung Talang kab. Solok
mulai dari tahap awal persiapan Guru dalam mengajar seperi pembuatan Rencana
pelaksanaan pembelajaran, program semester, program tahunan, dan silabus.
Tahap pelaksanaan pembelajaran, kegiatan siswa dalam pembelajaran,
ketersediaan sarana dan prasarana khususnya labor komputer, serta hambatan guru
dalam pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi dan fokus penelitian
bagaimana persiapan pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi di SMA
N 1 Gunung Talang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif,
karena peneliti berusaha untuk mengungkap dan memahami fakta-fakta atau
gambaran yang sesuai dengan kenyataan yang ada tanpa melakukan intervensi
terhadap kondisi yang terjadi di SMA N 1 Gunung Talang kab. Solok. Teknik
pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah Observasi (pengamatan),
interview (wawancara), studi dokumentasi, dan alat pengumpul data dalam
penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai alat pengumpul data utama. Sumber
data dalam penelitian ini adalah Guru dalam bidang studi Teknologi Informasi
Dan Komunikasi, Siswa kelas X dan XI, kepala sekolah, dan sumber lain yang
dianggap relevan.
Temuan yang peneliti peroleh dalam penelitian ini sebagai berikut: pada
tahap persiapan pembelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi Guru telah
membuat persiapan mengajar, pada tahap pelaksanaan Guru telah melakukan
kegiatan pendahuluan, menggunakan metode yang relevan, menggunakan media
dalam menunjang proses pembelajaran. Para siswa dalam pembelajaran Teknologi
Informasi Dan Komunikasi nampak aktif, karena siswa termotivsi untuk belajar
disebabkan Guru menggunakan metode yang beragam pada saat proses
pembelajaran berlangsung. Pada tahap kegiatan penutup Guru sudah menutup
pembelajaran dengan baik. Ketersediaan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan
pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi sudah sangat memadai.
Hambatan yang ditemui Guru dalam proses pembelajaran Teknologi Informasi
Dan Komunikasi hampir tidak ada, hambatannya hanya pada saat siswa memasuki
labor, para siswa langsung saja mengkoneksikan komputernya ke internet.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:40
Last Modified: 06 Oct 2025 02:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26298

Actions (login required)

View Item
View Item