Hubungan Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar.

Vioreza, Niken (2011) Hubungan Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NIKEN_VIOREZA_89178_5573_2011.pdf] Text
final_B1_NIKEN_VIOREZA_89178_5573_2011.pdf

Download (559kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan membahas data tentangHubungan Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga dan Minat Belajar denganHasil Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar.Penelitian ini tergolong studi korelasional. Populasi adalah keseluruhan siswakelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rambatan yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah86 siswa. Dalam penelitian ini penarikan sampel dilakukan dengan teknik totalsampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Ini berarti semua populasi siswakelas XI. IPS di SMA.N 1 Rambatan yang berjumlah 86 orang tersebut dijadikansampel.Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa angket. Sebelum angketdisebarkan kepada seluruh sampel penelitian, dilakukan terlebih dahulu uji cobainstrumen untuk mengetahui validitas soal. Uji coba untuk instrumen dilakukan diSMA. N 1 Nan Sabaris dengan 30 orang siswa sebagai responden. Dari uji cobainstrumen diketahui : (1) komunikasi interpersonal dalam keluarga yang terdiri dari27 butir pertanyaan setelah dilakukan uji coba valid 23 butir dan drop 4 butirpertanyaan (2) minat belajar geografi yang terdiri dari 29 butir pertanyaan setelahdilakukan uji coba, valid 25 butir dan drop 4 butir pertanyaan.Hasil penelitian menemukan : (1) hasil belajar geografi, Komunikasiinterpersonal dalam keluarga dan minat belajar geografi tergolong tinggi karenaberada di atas nilai rata-rata.(2) terdapat hubungan yang sangat signifikan dan positifantara Komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan hasil belajar Geografi.Kontribusi yang diberikan oleh variabel Komunikasi interpersonal dalam keluargaterhadap varians hasil belajar geografi adalah 23,00%. (3) terdapat hubungan yangsangat signifikan dan positif antara minat belajar geografi dan hasil belajar geografi,dengan kontribusi sebesar 29,40%. (4) hubungan yang sangat signifikan antarakomunikasi interpersonal dalam keluarga dan minat belajar geografi terhadap hasilbelajar geografi dan kontribusinya sebesar 43,10%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI INTERPERSONAL, MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR GEOGRAFI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:18
Last Modified: 06 Oct 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26295

Actions (login required)

View Item
View Item