Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Multimeter di SMK Negeri 2 Curup Timur

Mardijono, Mardijono (2011) Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Alat Ukur Multimeter di SMK Negeri 2 Curup Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARDIJONO_53093_3533_2011.pdf] Text
final_B1_MARDIJONO_53093_3533_2011.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan multi media interaktif dengan pembelajaran tanpa menggunakan multi media interaktif pada pelajaran Menggunakan Alat Ukur Multimeter di kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Curup Timur. Beberapa masalah yang diidentifikasi mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya adalah faktor sekolah dimana penggunaan media mengajar merupakan salah satu komponennya. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksprimen dengan populasi penelitian semua siswa kelas X Jurusan Teknik Audio Video yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Kelompok A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan multi media interaktif dan Kelompok B sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Sebagai alat pengumpul data digunakan soal test pilihan ganda sebanyak 30 item. Data yang dikumpulkan adalah data skor pre test dan data skor post test. Dari Pre Tes dan Post Test yang dilakukan terhadap kedua kelompok ditemukan rata-rata skor pre test kelas eksprimen = 5,420 dan rata-rata skor pre test kelas kontrol = 5,27. Sedangkan rata-rata skor post test kelas eksprimen =14,37 dan rata-rata skor post test kelas kontrol =10,90. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji -t. Hasil uji -t terhadap hasil pre test diperoleh t hitung ≤ t tabel (0,36 ≤ 2,000) pada α =0,05 dengan dk =58, yang berarti tidak terdapat perbedaan sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berangkat dari kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil uji-t terhadap hasil post test diperoleh t hitung ≥ t tabel (6,207 ≥ 2,000) pada α =0,05 dengan dk =58, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksprimen dengan kelompok kontrol sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Berdasarkan rata-rata hasil post test menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksprimen dengan pembelajaran menggunakan multi media interaktif lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol yang pembelajarannya tanpa menggunakan multi media interaktif

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:18
Last Modified: 06 Oct 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26294

Actions (login required)

View Item
View Item