Testi, Nike Junita Hari (2014) Pengaruh Penggunaan Teknik Permainan Kata terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NIKE_JUNITA_ HARI_ TESTI_53274_1206_2014.pdf [thumbnail of final_B1_NIKE_JUNITA_ HARI_ TESTI_53274_1206_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NIKE_JUNITA_ HARI_ TESTI_53274_1206_2014.pdf
Download (308kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikanketerampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Solok Selatansebelum diberi perlakuan menggunakan teknik permainan kata. Kedua,mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30Solok Selatan setelah diberi perlakuan menggunakan teknik permainan kata.Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik permainan kata terhadapketerampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Solok Selatan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah satu kelasdiberikan tes di awal (pretest) kemudian diberi perlakuan dan diberi tes akhir(postest) disebut juga dengan (one group pretest-postest design). Teknikpengambilan sampel menggunakan teknik bertujuan (purposive sampling). tesyang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah hasil tulisanpretest dan postest keterampilan menulis puisi sebelum diberi perlakuan dansetelah diberi perlakuan menggunakan teknik permainan kata siswa kelas VIIISMP Negeri 30 Solok Selatan.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga halberikut. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIII SMP Negeri 30Solok Selatan sebelum diberi perlakuan menggunakan teknik permainan kataberada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 58,33. Kedua,keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Solok Selatan setelahdiberi perlakuan menggunakan teknik permaian kata berada pada kualifikasi Baik(B) dengan nilai rata-rata 77,03. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis disimpulkanbahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan derajatkebebasan (dk) = (n1 + n2 ) – 2 = (24+24)-2= 46, di dapat ttabel 1,67 dan thitung 4,20.jadi (thitun 4,20 > ttabe 1,67). Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikanpenggunaan teknik permainan kata terhadap keterampilan menulis puisi siswakelas VIII SMP Negeri 30 Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEKNIK PERMAINAN KATA, KETERAMPILAN MENULIS PUISI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 01:43 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 01:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26289 |