Yunita, Rina (2008) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Teknik Pemberian Tugas di Kelas IX 4 SMPN 1 IX Koto Sungai Lasi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RINA YUNITA 71086-08.pdf [thumbnail of final_B1_RINA YUNITA 71086-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RINA YUNITA 71086-08.pdf
Download (135kB)
Abstract
Selama ini hasil belajar IPS pada SMP N 1 IX Koto Sungai Lasi menjadi masalah,
karena hasil belajar siswa rata-rata rendah, hal ini disebabkan karena teknik pembelajarn
yang digunakan kurang efektif sedangkan materinya terlalu luas. Oleh karena itu perlu
dicarikan solusinya. Salah satunya dengan menggunakan teknik pembelajaran pemberian
tugas untuk itu penelitian bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS dengan menggunakan teknik pemberian tugas. Hipotesis yang
dikemukakan dalam penelitian ini adalah “dengan menggunakan teknik pemberian tugas
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IX
4 SMP N 1 IX Koto Sungai Lasi.”
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek murid kelas IX 4
SMP N1 IX Koto Sungai Lasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, catatan lapangan dan lembaran tes. Sedangkan teknik analisis data dilakukan
secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas siswa selama
proses belajar yang terlihat dari semangat dan keinginan siswa untuk mengerjakan tugas
sedangkan peningkatan hasil terlihat dari hasil tes yang dilakukan pada siklus I dengan
hasil ketuntasan individu 43% dari 28 siswa pada siklus II dengan ketuntasan individu 75
% dari 28 siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 00:57 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 00:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26287 |