Pengaruh Penerapan Teknik Bowling Campus (BC) dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Baso Kabupaten Agam tahun Pelajaran 2010/2011

Delfina, Rima (2011) Pengaruh Penerapan Teknik Bowling Campus (BC) dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Baso Kabupaten Agam tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIMA DELFINA-86212-2011.pdf] Text
final_B1_RIMA DELFINA-86212-2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor,diantaranya strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang tepat dan pembelajaran masih terpusat pada guru mengakibatkan siswa kurang motivasi
belajar. Guru sebagai orang yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran diharapkan mampu mengadakan variasi pembelajaran, salah satunya yaitu penerapan teknik bowling campus (BC) dalam model tipe think pair square
(TPSq). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik BC dalam model pembelajaran tipe TPSq terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI
semester II SMAN 1 Baso Kabupaten Agam tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Baso Kabupaten Agam. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil tes akhir, nilai rata-rata pada kelas eksperimen (82,26)lebih tinggi daripada kelas kontrol (76,00). Hasil analisis data didapatkan
t hitung ( 3,05)>t (1,67), yang berarti hipotesis diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan penerapan teknik bowling campus (BC) dalam model think pair square (TPSq) bahwa berpengaruh positif berarti terhadap hasil belajar biologi
siswa kelas XI SMAN 1 Baso Kabupaten Agam. 
 
tabel

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 06 Oct 2025 00:55
Last Modified: 06 Oct 2025 00:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26279

Actions (login required)

View Item
View Item