Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang

Ali, Mega Mustika (2011) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MEGA_MUSTIKA_ALI_84794_4908_2011.pdf] Text
final_B1_MEGA_MUSTIKA_ALI_84794_4908_2011.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada fakta bahwa umumnya siswa memiliki
nilai rendah dan tidak mencapai target yang ditetapkan dalam KKM mata
pelajaran sosiologi. Hal ini dapat terjadi akibat siswa kurang terlibat secara aktif
dalam proses pembelajaran, tidak mau bertanya kepada guru dan jika proses
pembelajaran menggunakan model pembelajaran kelompok biasa, siswa
kebanyakan selalu mengandalkan teman sekelompok yang lebih pintar dalam
diskusi kelompok, sehingga hasil belajar sosiologi siswa belum menunjukkan
hasil yang memuaskan. Oleh sebab itu, perlu model pembelajaran yang mampu
melibatkan siswa untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar sosiologi
meningkat. Model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat
diterapkan agar siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memahami materi dan
memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompok. Berdasarkan
uraian diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap
Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP
Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian
berupa Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah semua siswa pada kelas X di SMA Pembangunan UNP Padang, yang
terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik random kelompok, dari enam kelas dipilih dua kelas yaitu
X.b adalah kelas eksperimen sebanyak 37 orang dan X.a adalah kelas kontrol
sebanyak 34 orang. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji
t pada taraf nyata 0,05.
Hasil penelitian ini uji t dilakukan untuk skor setiap komponen konsep
dasar materi pengendalian sosial (pengertian, sumber, jenis, sifat, dan macammacam).
Pada konsep dasar pengertian diperoleh thit = 5,65 sedangkan ttab = 1,98,
berarti model pembelajara NHT cocok di gunakan pada konsep dasar materi ciriciri.
Pada konsep dasar sumber diperoleh thit = 2,5 dan diperoleh thit = 1,98 dengan
demikian model pembelajaran NHT sangat cocok digunakan pada konsep dasar
materi sumber. Pada konsep dasar jenis diperoleh thit = 3,99 dan diperoleh thit =
1,98 dengan demikian model pembelajaran NHT sangat cocok digunakan pada
konsep dasar materi jenis. Pada konsep dasar sifat diperoleh thit = 3,88 dan
diperoleh thit = 1,98 dengan demikian model pembelajaran NHT sangat cocok
digunakan pada konsep dasar materi sifat. Pada konsep dasar macam diperoleh thit
= 5,89 dan diperoleh thit = 1,98 dengan demikian model pembelajaran NHT sangat
cocok digunakan pada konsep dasar materi macam.Hasil penelitian secara
ii
keseluruhan pada soal konsep memberikan contoh menunjukkan bahwa, rata-rata
skor tes akhir (posttest) secara umum pada kelas eksperimen adalah 81,23
sedangkan kelas kontrol 67,06 kemudian diperoleh uji t yaitu 8,02. sedangkan t tab
= 1,98 berarti thit > t tab = 8,02 > 1,98 oleh karena itu, hipotesis diterima bahwa
”Terdapat Pengaruh dalam Penggunaan Model Pembelajaran NHT terhadap Hasil
Belajar Sosiologi pada Kelas X SMA Pembangunan Padang. Dengan demikian
NHT dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa khususnya pada aspek
pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 06 Oct 2025 00:54
Last Modified: 06 Oct 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26274

Actions (login required)

View Item
View Item