Mustika, Mega (2011) Hubungan Antara Informasi Karir yang Diperoleh dengan Perencanaan Karir Siswa SMK Negeri 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MEGA_MUSTIKA_83233_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MEGA_MUSTIKA_83233_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MEGA_MUSTIKA_83233_2011.pdf
Download (158kB)
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan dapat mempersiapkan
tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, berkompetensi, mampu beradaptasi
dengan lingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam keahlian
yang diminatinya. Namun kenyataannya masih ada siswa yang belum bisa
menentukan arah karirnya dan kebingungan dengan jurusan yang ditempati saat
ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat informasi karir apa saja yang telah
diperoleh siswa, bagaimana perencanaan karir siswa serta bagaimana hubungan
antara informasi karir yang diperoleh dengan perencanaan karir siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripitif korelasional yaitu
mendeskripsikan informasi karir yang diperoleh dan perencanaan karir siswa serta
melihat hubungan antara informasi karir yang diperoleh dengan perencanaan karir
siswa. Populasi penelitian yaitu siswa yang terdaftar di kelas XI SMK Negeri 2
Bukittinggi pada tahun 2010/2011 yang berjumlah 410 orang. Sampel ditarik
dengan teknik Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 80
orang siswa. Alat pengumpulan data menggunakan angket tentang informasi karir
yang diperoleh dan perencanaan karir siswa. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan teknik statistik sederhana untuk mencari persentase. Untuk
melihat hubungan antara kedua variabel digunakan teknik Pearson Product
Moment Correlattion melalui program Statistik SPSS for windows release 15.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa sudah memperoleh
informasi karir yaitu informasi tentang jennis-jenis pekerjaan sesuai dengan
jurusan, tuntutan dan syarat memasuki karir, perkembangan dunia kerja, prospek
karir dan langkah-langkah untuk mencapai karir, 2) Siswa sudah mampu
merencanakan karirnya dengan baik, 3) terdapat hubungan yang signifikan antara
informasi karir yang diperoleh dengan perencanaan karir siswa dengan r hitung
0,649 pada taraf signifikansi 0,005 atau tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan
temuan penelitian penulis menyarankan kepada pihak sekolah, khususnya guru
pembimbing agar dapat bekerja sama dengan guru mata pelajaran dan guru
praktek untuk dapat memberikan informasi karir yang cukup kepada siswa
sehingga dapat dijadikan salah satu pertimbangan siswa dalam merencanakan
karirnya di masa depan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 00:54 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 00:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26273 |