Furi, Ratna (2012) Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_RATNA_FURI_86329_1640_2012.pdf [thumbnail of final_B1_8_RATNA_FURI_86329_1640_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_RATNA_FURI_86329_1640_2012.pdf
Download (839kB)
Abstract
Pembelajaran kimia di SMAN 4 Pariaman kurang berarti bagi siswa
sehingga motivasi dan keaktifan siswa menjadi berkurang dan hasil belajar
rendah. Untuk mengatasi hal ini guru perlu menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan sehingga siswa termotivasi dalam belajar. Salah satu pendekatan
yang dapat membuat siswa termotivasi untuk belajar kimia adalah dengan
Pendekatan Keterampilan Proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar
siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia kelas XI SMAN 4 Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiman dengan rancangan
Randomized Control Group Only Design. Sampel penelitian ini dipilih siswa
kelas XI IA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IA 2 sebagai kelas
kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil analisis data hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata kelas
eksperimen = 73,64 dan kelas kontrol = 62,33. Dari hasil uji-t yang dilakukan
pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 4,08 dan ttabel = 2,00 (dk= 65), terlihat
bahwa ttabel < thitung berarti berada diluar pengujian terima Ho jadi. H1 diterima
atau hipotesis penelitian diterima berarti kedua kelas memilki perbedaan yang
signifikan. Maka hipotesis berbunyi “ Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses
Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 4 Pariaman dapat
diterima pada taraf nyata 0,05”.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 16:09 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 16:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26264 |