Mardiani, Mardiani (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Pertiwi 2 Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MARDIANI_09515_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MARDIANI_09515_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MARDIANI_09515_2011.pdf
Download (285kB)
Abstract
Penelitian ini berasal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan pembelajaran konvensional dimana guru menjadi pusat pembelajaran sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan metode Problem Solving. Hal ini menyebabkan siswa tidak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya, disamping itu minat dan hasil belajar siswa menurun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Pertiwi 2 Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, dan observasi,. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes awal yaitu 54,6% selanjutnya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I rata-rata nilai siswa 67,5% dan pada pertemuan II rata-rata nilai siswa mencapai 77,00%. Rata-rata nilai adalah 71,03% berada pada taraf Baik. Pada siklus II pertemuan I nilai 83,00% dan pertemuan II nilai siswa mencapai 80,00% Rata- rata nilai adalah 82,73% pada aspek sangat baik. Berdasarkan temuan peneliti, hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS telah meningkat dengan menggunakan metode problem solving
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, METODE PROBLEM SOLVING |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 09:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 10:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26262 |