Harni, Pitri (2011) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA N 1 Nan Sabaris. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PITRI_HARNI_68107_4736_2011.pdf [thumbnail of final_B1_PITRI_HARNI_68107_4736_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PITRI_HARNI_68107_4736_2011.pdf
Download (721kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa
menginterpretasi fakta sejarah, disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya proses
pembelajan sejarah yang masih berupa penyampaian informasi yang menjadikan
peserta didik hanya mampu mengingat. Salah satu tujuan dari pembelajaran sejarah
adalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami fakta
sejarah. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan menginterpretasi
fakta sejarah adalah model pembelajaran tipe Course Review Horay. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe Course
Review Horay terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA N 1 Nan Sabaris. Manfaat
penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dan mendorong guru sejarah
berinovasi dalam menggunakan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam memahami materi sejarah serta dapat meningkatkan hasil
belajar sejarah.
Jenis penelitian adalah kuantitatif, dimana data diperoleh melalui eksperimen
pada siswa SMA Negeri 1 Nan Sabaris. Populasi penelitian adalah siswa kelas X
SMA Negeri 1 Nan Sabaris, dengan jumlah siswanya 175 orang yang terbagi dalam
enam kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan Random
Kelompok dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan
kebiasaan belajar sejarah yang sama. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak dua
kelas, untuk kelas eksperimen yaitu kelas X 5 dan kelas kontrol ialah kelas X 3.
Setelah dilakukan penelitian didapat bahwa hasil belajar menginterpretasikan
fakta sejarah, pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini
terlihat dari rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas
kontrol, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 49,14 sedangkan kelas kontrol
41.57. berdasarkan uji t yang dilakukan didapat t hitung adalah 4,15 pada taraf nyata
0.05 dengan dk 46 dan diperoleh t tabel 1,68.
Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay
mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 09:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 09:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26253 |