Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan terhadap Pasien Jamkesmas pada Puskesmas Seberang Padang Kecamatan Padang Selatan

Hendri, Mardi (2011) Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan terhadap Pasien Jamkesmas pada Puskesmas Seberang Padang Kecamatan Padang Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARDI_HENDRI_62782_2040_2011.pdf] Text
final_B1_MARDI_HENDRI_62782_2040_2011.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin, baik secara kualitas maupun secara kuantitas sebagai upaya kesejahtraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan terhadap pasien Jamkesmas pada Puskesmas Seberang Padang Kecamatan Padang Selatan. Dengan fokus kajian pada pelayanan kesehatan Rawat Jalan (RJ), Rawat Inap (RI), dan pelayanan kesehatan rujukan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, Informan penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan. Jenis data yang diperlukan terdiri dari data primer dan data sekunder dengan teknik pegumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan yang dilaksanakan selama proses penelitin berlangsung. Temuan penelitian ini menujukan bahwa pelaksanaan Pelayanan Kesehatan terhadap Pasien Jamkesmas pada Puskesmas Seberang Padang telah terlaksana dengan cukup baik, hal ini terlihat dari setiap unit pelayanan yang telah memiliki prosedur tetap (Protap) yang cukup dimengerti dan dipahami serta dilaksanakan oleh hampir semua petugas, dan sesuai dengan ketentuan yang ada, baik pada pelayanan kesehatan rawat jalan (RJ), rawat inap (RI), pelayanan kesehatan rujukan rawat jalan tingkat lanjutan (RJTL), dan rawat inap tingkat lanjutan (RITL) maupun pelayanan gawat darurat dengan menerapkan sistem pelayanan berjenjang berdasarkan rujukan. Di samping itu kondisi standar pelayanan kesehatan juga telah terlaksana dengan cukup baik, antara lain terlihat dari kesedarhanaan prosedur pelayanan, kejelasan rincian biaya, kepastian waktu pelayanan serta keamanan pelayanan yang diberikan,sarana dan prasarana dan kompetensi Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PELAYANAN KESEHATAN, PASIEN JAMKESMAS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2025 09:59
Last Modified: 03 Oct 2025 09:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26252

Actions (login required)

View Item
View Item