Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 18 Perumnas Air Tawar Selatan Kota Padang.

Sari, Syahrini Diana (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 18 Perumnas Air Tawar Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SYAHRINI_DIANA_SARI_83251_2011.pdf] Text
final_B1_SYAHRINI_DIANA_SARI_83251_2011.pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sehingga hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode pembelajaran dengan cara penyajian pembelajaran dimana siswa melakukan percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya, serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil percobaan itu disampaikan ke kelas dan di evaluasi oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA tentang energi panas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti. Hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil belajar pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 68% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar adalah 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 18 Perumnas Air Tawar Selatan Kota Padang pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 03 Oct 2025 09:58
Last Modified: 03 Oct 2025 09:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26242

Actions (login required)

View Item
View Item