Pembelajaran Matematika Menggunakan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011

Firmanti, Pipit (2011) Pembelajaran Matematika Menggunakan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PIPIT FIRMANTI_01770_2011.pdf] Text
final_B1_PIPIT FIRMANTI_01770_2011.pdf

Download (413kB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang dinyatakan dalam KTSP
adalah siswa memiliki kemampuan koneksi matematika. Berdasarkan observasi
yang dilakukan di SMA Negeri 10 Padang diketahui bahwa tujuan ini belum
tercapai sepenuhnya. Salah satu penyebabnya adalah guru matematika belum
memunculkan unsur koneksi dalam pembelajaran sehingga siswa mengalami
kesulitan dalam melihat kaitan antara satu topik matematika, baik dengan topik
matematika lainnya maupun dengan disiplin ilmu lain dan dengan kehidupan
sehari-hari. Melihat kenyataan tersebut, maka dilakukan penelitian berupa
penggunaan mind mapping untuk meningkatkan kemampuan koneksi siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah kemampuan koneksi
matematika siswa kelas XI IPA di SMAN 10 Padang setelah pembelajaran
dengan menggunakan mind mapping lebih baik dari pada sebelum pembelajaran
matematika dengan menggunakan mind mapping? 2) Bagaimana perkembangan
kemampuan koneksi matematika siswa dengan menggunakan mind mapping di
kelas SMAN 10 Padang?
Penelitian ini adalah gabungan penelitian kuantitatif dengan rancangan
Pretest-posttest Design dan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 10 Padang. Sampelnya adalah siswa kelas XI
IPA 4 yang dipilih secara purposive sampling. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan melalui tes awal, problem sheet, mind map, dan tes akhir. Data yang
terkumpul dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistika inferensial
berupa uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika
siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 10 Padang lebih baik dibandingkan
sebelumnya. Di samping itu, kemampuan siswa dalam menentukan koneksi
antartopik matematika (K1), dengan disiplin ilmu lain (K2) dan dengan dunia
nyata/kehidupan sehari-hari siswa (K3) mengalami peningkatan dibandingkan
sebelumnya. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa kemampuan koneksi
matematika siswa meningkat setelah pembelajaran dengan menggunakan mind
mapping.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MIND MAPPING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 03 Oct 2025 09:57
Last Modified: 03 Oct 2025 09:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26241

Actions (login required)

View Item
View Item