Priyetni, Pipi (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Tari Kreasi Baru dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Langsung pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22 Duku. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PIPI_VRIYETNI_09863_5617_2011.pdf [thumbnail of final_B1_PIPI_VRIYETNI_09863_5617_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PIPI_VRIYETNI_09863_5617_2011.pdf
Download (709kB)
Abstract
Pengalaman peneliti selama mengajar SD Negeri 22 Duku bahwa dalam
pembelajaran seni tari kurang diminati oleh siswa. Faktor yang diduga sebagai
penyebab kurang diminati seni tari antara lain dalam proses pembelajaran seni tari di
SD Duku cenderung menggunakan metode demonstrasi yaitu guru memberikan
contoh ragam tari, kemudian siswa diminta untuk menirukan, sehingga harapan
menjadikan siswa untuk menuju pengembangan yang kreatif belum tampak.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan
pembelajaran dan Peningkatan Hasil Belajar Seni Tari dengan Menggunakan Tari
Payung pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 22 Duku.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Rancangan penelitian tindakan kelas yang meliputi (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Data penelitian
ini berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh dari hasil tes akhir
pembelajaran. Subjek penelitian siswa Sekolah Dasar Negeri 22 Duku tepatnya di
kelas IV dengan jumlah siswa 38 orang. Setelah data terkumpul dianalisis dengan
menggunakan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar aspek kognitif pembelajaran tari
kreasi baru dengan menggunakan metode pembelajaran langsung di kelas IV
Sekolah Dasar Negeri 22 Duku pada siklus I pertemuan I diperoleh 60,5%, siklus I
pertemuan II 65,3%, pada siklus II pertemuan I 82,4% meningkat menjadi 82,50%
pada siklus II pertemuan II. Hasil belajar aspek afektif siklus I pertemuan I diperoleh
72%, siklus I pertemuan II 75,9%, siklus II pertemuan I 80,8% meningkat menjadi
80,79% pada siklus II pertemuan II. Sedangkan aspek psikomotor siklus I pertemuan
I diperoleh 72,7%, siklus I pertemuan II 76,0%, siklus II pertemuan I 81,9%
meningkat menjadi 81,7% pada siklus II pertemuan II. Hal ini membuktikan bahwa
pembelajaran tari kreasi baru dengan menggunakan metode pembelajaran
langsung terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri 22 Duku
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR TARI KREASI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:17 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26234 |