Syahrial, Syahrial (2011) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) Diawali Pre Test Pada Siswa Kelas VIII-1 Di SMP N1 Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SYAHRIAL-52867-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SYAHRIAL-52867-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SYAHRIAL-52867-2011.pdf
Download (179kB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran IPA-Biologi di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Lareh Sago Halaban, aktivitas siswa begitu rendah sehingga hasil belajar siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran IPA-Biologi melalui model) pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model siklus, yang terdiri atas 4 komponen yaitu rencana (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Siklus ini dilaksanakan pada materi pelajaran sistem pernapasan dan sistem peredaran darah manusia, dengan alokasi waktu 8 jam pelajaran. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yaitu 4 kali pertemuan tatap muka dan 2 kali tes akhir siklus. Instrument penelitian ini menggunakan lembaran observasi aktivitas siswa. Hasil data ini dianalisis dengan persentase, penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA-Biologi di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Lareh Sago Halaban. Aktivitas positif siswa meningkat pada refleksi awal ratarata 23,2 % menjadi 51,6 % pada siklus I dan meningkat menjadi 71,2% pada siklus II. Sedangkan aktivitas negatif siswa dalam PBM mengalami penurunan rata-rata pada refleksi awal 46,4% menjadi 16,6% pada siklus I dan pada siklus II turun kembali menjadi 6%. Dari hasil tes formatif pada refleksi awal nilai rata pada refleksi awal 58,4 meningkat padasiklus I menjadi 67,2 Dan naik kembali pada siklus II menjadi 79,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII-1 di SMP N 1 Lareh Sago Halaban meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:17 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26232 |