Nurafizah, Pipi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Perkalian Bilangan Cacah dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di Kelas II SD Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PIPI_NURAFIZAH_83300_2949_2011.pdf [thumbnail of final_B1_PIPI_NURAFIZAH_83300_2949_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PIPI_NURAFIZAH_83300_2949_2011.pdf
Download (190kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena pada pembelajaran di kelas II SD
Pembangunan Laboratorium UNP belum menggunakan pendekatan RME.
Berdasarkan hasil observasi peneliti di kelas II SD dalam mengajar matematika
masih dengan cara konvensional dengan artian belum mengaitkan pembelajaran
dengan kehidupan nyata siswa, dan media kurang difungsikan dalam kegiatan
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan
inti, dan kegiatan akhir, serta hasil belajar siswa dengan pendekatan RME
terhadap konsep perkalian bilangan cacah.
Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu yang terdiri dari II siklus
yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan
penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Kegiatan penelitian ini
meliputi kegiatan penyusunan rancangan, kegiatan pelaksanaan penelitian yang
terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Penelitian ini
dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru.
Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang
diperoleh dari hasil observasi penilaian RPP, hasil observasi aktivitas guru dan
siswa, dan tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru
kelas II SD yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 9 lakilaki.
Setelah data terkumpul data disesuaikan dengan teknik kualitatif. Hasil
penelitian Siklus I pada tes akhir yang dilaksanakan pada pertemuan I siswa
mencapai 60,75 dengan persentase 60,75%, siklus I pertemuan II mencapai 68,25
dengan persentase 68,25%. Sedangkan tes akhir siklus II rata-rata siswa
meningkat menjadi 89,0 dengan persentase 89%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:17 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 08:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26231 |