Hubungan Status Gizi dan Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 05 Kecamatan V Koto Timur Padang Pariaman

Suhandri, Satra (2011) Hubungan Status Gizi dan Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 05 Kecamatan V Koto Timur Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SATRA_SUHANDRI_94914_2011.pdf] Text
final_B1_SATRA_SUHANDRI_94914_2011.pdf

Download (615kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari Status gizi siswa SDN 05 Kecamatan V Koto
Timur Padang Pariaman masih kurang bagus. Hal ini terlihat banyak siswa yang
hasil belajarnya yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar status gizi dan kesegaran jasmani terhadap hasil belajar SD N 05
Kecamatan V Koto Timur Padang Pariaman.
Penelitian ini merupakan penelitian analisis korelasi, Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 05 Kecamatan V Koto Timur Padang
Pariaman, berjumlah 121 orang yang terdiri dari 59 putra dan 62 orang putri.
Untuk penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpusive
stratified sample yang berjumlah 27 orang siswa Putra. Pengambilan data status
gizi dilakukan dengan menggunakan pengukuran antropometri, Pengambilan data
kesegaran jasmani dilakukan menggunakan tes Kesegaran Jasmani Indonesia
(TKJI) 2010, sedangkan hasil belajar penjasorkes siswa SDN 05 Kecamatan Koto
Timur Padang Pariaman, diambil nilai ujian akhir semester.
Hasil analisis bersama-sama ( X1,2Y) menunjukkan bahwa ke dua variabel
memiliki hubungan signifikan terhadap hasil belajar siswa, P = 0.025 < 0.05α,
koofisien korelasi (rx1,2y) hit = 0.515 > rtab 0.381, menunjukan hubungan (kolerasi)
ke dua variabel sangat kuat dan searah. Selanjutnya berdasarkan kekuatan hubungan
ke dua variabel di atas, maka nilai persamaan regresi dapat digambarkan sebagai
berikut Y = -12.727 + 0.476X1 + 2.460X2 , Fhit 4.320 > Ftab 4.24, Thit 2.212 > Ttab
2.052. Dengan demikian hipotesis kerja yang diajukan (Ha) dapat diterima.
Selanjutnya diperoleh nilai determinasi ( r2 ) sebesar 0.265. Artinya bahwa status
gizi dan komponen tingkat kesegaran jasmani secara bersama-sama sebagai
independent variabel dapat menerangkan variabilitas (Hubungan) sebesar 26.5%
terhadap dependent variabel yaitu hasil belajar siswa. Sedangkan sisanya
diterangkan oleh variabel lain. Hasil analisis dapat dilihat pada lampiran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:16
Last Modified: 03 Oct 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26227

Actions (login required)

View Item
View Item