Sriwijaya, Sayid Bahri (2011) Persepsi Guru tentang Kompetensi Kepribadian Mahasiswa PPLK di SMK N 1 Pariaman Periode Januari-Juni 2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_SAYID BAHRI SRIWIJAYA-57581-2011.pdf
Download (649kB)
Abstract
Penelitian ini beranjak dari kenyataan adanya mahasiswa PPLK di SMK N 1
Pariaman periode Januari-Juni 2011 yang tidak menampilkan diri sebagai pribadi
yang diteladani (merokok di depan siswa, pakaian dan rambut kurang rapi, sering
terlambat hadir ke sekolah bahkan sering tidak hadir). Penilaian kompetensi
mahasiswa PPLK pun hanya dilakukan oleh guru pamong, tidak keseluruhan
pihak sekolah. Selain itu tersebut di dalam buku pedoman PPLK (penilaian
kegiatan Non Mengajar) tidak merepresentasikan keseluruhan standar kompetensi
guru sebagaimana tercantum dalam PERMENDIKNAS No. 16 Tahun 2007
tentang Kualifikasi dan Standar Kompetensi Guru. Maka persepsi guru tentang
kompetensi kepribadian mahasiswa PPLK perlu diketahui sebagai informasi hasil
belajar untuk evaluasi. Pertanyaan dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi
guru tentang kompetensi kepribadian mahasiswa PPLK di SMK N 1 Pariaman
periode Januari-Juni 2011.
Penelitian
ini
menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk
menggambarkan persepsi guru. Populasi penelitian adalah keseluruhan guru SMK
N 1 Pariaman Tahun Pelajaran 2011/2012 (116 guru). Teknik pengambilan
sampel adalah simple random sampling dimana diperoleh sampel yaitu 54 guru.
Teknik pengumpulan data dengan angket jenis tidak langsung dengan skala likert.
Data yang diperoleh dideskripsikan dan dianalisis dengan menghitung persentase
ditribusi frekuensi dan skor yang diperoleh. Kemudian diinterpretasikan skor
tersebut ke dalam kriteria tidak baik (0% – 20%), kurang baik (21% – 40%),
cukup baik (41% – 60%), baik (61% – 80%), atau sangat baik (81% – 100%).
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase persepsi guru, 0,4% guru
menjawab sangat tidak baik/sangat rendah/tidak pernah, 3,4% menjawab tidak
baik/rendah/jarang,
20,65
menjawab biasa/cukup/kadang-kadang, 51,3%
menjawab baik/tinggi/sering, 24,3% menjawab sangat baik/sangat sering/selalu
dan rata-rata persentase skor persepsi guru yang diperoleh adalah 79,12% (rentang
61% - 80%) dengan interpretasi skor adalah baik. Maka disimpulkan bahwa
persepsi guru tentang kompetensi kepribadian mahasiswa PPLK di SMK N 1
Pariaman periode Januari-Juni 2011 adalah baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:15 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 08:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26217 |
