Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus Untuk Peserta Didik Kelas X SMA

Mardhatillah, Resvi (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus Untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RESVI_MARDHATILLAH_17029116_4392_2021.pdf] Text
B1_01_RESVI_MARDHATILLAH_17029116_4392_2021.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses kegiatan yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik. Pada kurikulum 2013 sekarang ini,
peserta didik dituntut untuk berperan aktif dalam pembelajaran dan pendidik
bertindak hanyalah sebagai fasilitator. Oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang
dapat memfasilitasi peserta didik dalam membangun pengetahuannya sendiri. Salah
satu bahan ajar yang diutamakan dalam kurikulum 2013 adalah Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD). Namun, berdasarkan hasil investigasi awal, diperoleh
informasi bahwa LKPD yang digunakan masih belum mampu memfasilitasi peserta
didik untuk membangun pengetahuannya sendiri serta masih kurang melibatkan
peserta didik untuk aktif selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengembangkan LKPD berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif
pada materi aturan sinus dan cosinus untuk peserta didik kelas X SMA.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Model
pengembangan Plomp terbagi menjadi tiga fase. Pertama, fase investigasi awal
(preliminary research). Fase ini terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum,
analisis konsep dan analisis peserta didik. Kedua, fase pengembangan dan
pembuatan prototype (development or prototyping phase). Pada fase ini dilakukan
pembuatan prototype berupa LKPD berbasis discovery learning. Selanjutnya
dilakukan evaluasi formatif terhadap prototype yang terdiri dari self evaluation,
expert review, one to one evaluation dan small group evaluation. Ketiga, fase
penilaian (assessment phase). Pada fase ini dilakukan evaluasi pada kelompok besar
(field test) untuk melihat keefektifan dari LKPD berbasis discovery learning yang
dikembangkan.
Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD
berbasis discovery learning dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan
kegrafikan mempunyai tingkat validitas 89,29% dengan kategori sangat valid.
LKPD juga memenuhi kriteria praktis dari aspek kemudahan penggunaan,
kemanfaatan, waktu dan kemenarikan tampilan dengan rata-rata nilai praktikalitas
sebesar 88,54%. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis data efektivitas diperoleh
nilai gain score sebesar 0,695 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut,
dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning pada materi aturan
sinus dan cosinus untuk peserta didik kelas X SMA dapat dinyatakan valid, praktis
dan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:10
Last Modified: 03 Oct 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26210

Actions (login required)

View Item
View Item