Syafril, Syafril (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Di kelas V SD Negeri 52 Parupuk Tabing Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SYAFRIL_90256_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SYAFRIL_90256_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SYAFRIL_90256_2011.pdf
Download (250kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 52 Parupuk Tabing Kota Padang masih menggunakan pendekatan konvensional yaitu ceramah dan tidak melibatkan siswa lam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa belum dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD di kelas V SD Negeri 52 Parupuk Tabing Padang. Pendekatan kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan dalam 5 langkah yaitu, langkah presentasi kelas, pembagian kelompok, pemberian kuis, menghitung kemajuan kuis dan rekognisi tim Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 52 Parupuk Tabing Kota Padang, Jenis penelitian ini yaitu PTK dengan menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengaatan/observasi, dan (4) refleksi. Analisis data yang gunakan yaitu analisis data kualitatis dan kuantitatif. Kegiatan pembelajaran ini dilakukan pada dua siklus, Data penelitian berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan dan hasil tes siswa pada tiap akhir setiap siklus Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan STAD dapat dilihat dari proses dan hasil tes siswa setiap siklus. Hasil yang didapat pada pengamatan perencanaan yaitu 78, 57 % pada siklus I meningkat menjadi 96,42% pada siklus II, pelaksanaan terhadap aktivitas guru yaitu 77,7 % meningkat menjadi 97,2% pada siklus II, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu 59,68% pada siklus I meningkat menjadi 97, 2% pada siklus II. Hasil belajar yang didapat pada siklus I yaitu 68,26 menjadi 85,68 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 07:06 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 07:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26192 |