Ismael, Syafrida (2011) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menghias Celemek Dengan Sulaman Aplikas Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray Di SMPN 3 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SYAFRIDA_ISMAEL_51258_254_2012.pdf [thumbnail of final_B1_SYAFRIDA_ISMAEL_51258_254_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SYAFRIDA_ISMAEL_51258_254_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa dalam membuat sulaman aplikasi disebabkan model pembelajaran yang diterapkan guru kurang cocok dengan materi keterampilan. Motivasi belajar siswa dalam penelitian ini dapat dilihat dari tiga indikator: tekun, usaha belajar, ulet . Tujuan penelitian adalah meningkatkan motivasi belajar siswa membuat sulaman aplikasi dalam program pengembangan diri di SMPN 3 Payakumbuh. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus setiap siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 3 Payakumbuh yang berjumlah 20 orang siswa dalam kelas pengembangan diri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, catatan lapangan, wawancara, analisis kuantitatif, dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada indikator tekun dalam mendisain motif untuk sulaman aplikasi pada siklus I dikategorikan cukup, meningkat pada siklus II dikategorikan baik. Usaha belajar untuk mendapatkan hasil yang baik, pada siklus I dikategorikan cukup, naik pada siklus II dikategorikan baik sekali. Ulet dalam menjahit sulaman aplikasi dikategori cukup, naik pada siklus II dikategori baik. Jadi motivasi belajar siswa rata-rata pada siklus I 49 % dikategorikan cukup, pada siklus II meningkat menjadi 78% dikategori baik sekali dan telah mencapai target pencapaian. Jadi dapat disimpulkan dengan model pembelajaran cooperative tipe two stay two stray dapat ditingkatkan motivasi belajar siswa dalam membuat sulaman aplikasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Motivasi Belajar, Menghias Celemek Dengan Sulaman Aplikas Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 07:06 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 07:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26187 |