Syafrida, Syafrida (2011) Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VI SDN 33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SYAFRIDA_90462_414_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SYAFRIDA_90462_414_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SYAFRIDA_90462_414_2011.pdf
Download (780kB)
Abstract
Pembelajaran luas bangun datar pada siswa kelas VI SDN 33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang masih bersifat konvensional. Pembelajaran masih berpusat kepada guru, sehingga membosankan bagi siswa. Dalam proses pembelajaran matematika nilai yang diperoleh siswa masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pembelajaran luas bangun datar melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar luas bangun datar melalui pendekatan CTL pada siswa kelas VI SDN 33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Pendekatan CTL dirasakan mampu mengatasi persoalan yang ada. Pada peningkatan hasil belajar luas bangun datar melalui pendekatan CTL terdapat 7 langkah yaitu: konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian otentik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL di SDN 33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VI SDN 33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang yang berjumlah sebanyak 19 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif. Pengolahan data merujuk pada standar ketuntasan menurut BSNP. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan dengan memperoleh persentase rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I dengan materi luas lingkaran, adalah 69,4%. Pada siklus II dengan materi luas segi banyak yang merupakan gabungan dari persegi dan lingkaran dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas lingkaran adalah 81,5%. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian ini adalah pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar luas bangun datar yaitu tentang luas lingkaran, luas segi banyak yang merupakan gabungan dari persegi dan lingkaran serta menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan luas lingkaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Luas Bangun Datar Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 07:05 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 07:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26186 |