Syafriana, Syafriana (2011) Pengaruh Penerapan Metode Latihan Model Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dalam Mata Pelajaran TIK Pada SMPN 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SYAFRIANA_83083_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SYAFRIANA_83083_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SYAFRIANA_83083_2011.pdf
Download (742kB)
Abstract
Proses pembelajaran cenderung dilakukan hanya terbatas dengan pemberian materi pelajaran dengan metode ceramah saja tanpa adanya variasi metode pembelajaran . Berdasarkan Hasil UH 1 TIK siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang semester 1 tahun pelajaran 2010/2011 belum memuaskan, Saat proses pembelajaran aktifitas siswa masih rendah, diantara mereka tidak mencatat dan mendengarkan penjelasan atau uraian guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran dapat divariasikan dengan metode latihan model word square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Penerapan metode latihan model word square pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 31 Padang Jenis Penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan populasi siswa kelas VII SMPN 31 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 8 kelas. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas Kontrol. Data dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat untuk melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t atau T- Test Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode latihan model word square di kelas VII - 5 SMPN 31 Padang terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian data tes hasil belajar diperoleh ratarata kelas eksperimen 75,22, sedangkan kelas kontrol 66,47. Data tes hasil belajar siswa kemudian dianalisis dengan uji t sehingga diperoleh t 4,186 dengan taraf signifikan 0,05, dengan t tabel i hitung 1,980. Dengan demikian dapat diketahui t lebih besar dari t (4,186,>1,980). Hal ini berarti hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK dengan menerapkan metode latihan model word square lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Latihan Model Word Square, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 02:08 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 02:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26180 |