Wahyuni, Sinta (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SINTA_WAHYUNI_86426_4583_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SINTA_WAHYUNI_86426_4583_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SINTA_WAHYUNI_86426_4583_2011.pdf
Download (561kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Padang Panjang yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui dua alat utama, yaitu tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan membaca pemahaman, sedangkan non tes digunakan untuk mengumpulkan data penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptis-analitis sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, penerapan model pembelajaran dalam pembelajaran membaca pemahaman dilaksanakan dalam dua siklus (enam kali tatap muka) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Padang Panjang dengan rata-rata peningkatan 71,36 pada siklus 1 meningkat menjadi 80,37 pada siklus 2. Kedua, siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Padang Panjang cenderung menilai positif penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca pemahaman. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran membaca pemahaman dengan mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terlaksana dengan baik pada siklus II dan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam pembelajaran membaca pemahaman dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman,Model Pembelajaraan Kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 09:06 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 09:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26170 |