Hubungan Keterampilan Membaca Kritis dan Keterampilan Menulis Karangan Argumentaasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang.

Rahmatika, Nia (2014) Hubungan Keterampilan Membaca Kritis dan Keterampilan Menulis Karangan Argumentaasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NIA_RAHMATIKA_96377_1239_2014.pdf] Text
final_B1_NIA_RAHMATIKA_96377_1239_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal berikut. Pertama,mendeskripsikan keterampilan membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 34Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasisiswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubunganantara membaca kritis dan menulis karangan argumentasi siswa kelas VIII SMPNegeri 34 Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang tahunajaran 2013/2014. Sampel penelitan ini berjumlah 30 orang dari 197 orangpopulasi yang diambil secara acak. Data penelitian ini adalah hasil tes yangdilaksanakan pada tanggal 26 sampai 28 November 2013. Tes pertama berupasoal objektif dengan jumlah soal 30 butir soal, yang sesuai dengan indikator. Teskedua tes unjuk kerja yaitu tes menulis karangan argumentasi. Data yang sudahterkumpul dianalisis secara statistik menggunakan rumus product moment.Hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan tigahal berikut. Pertama, keterampilan membaca kritis siswa kelas VIII SMP Negeri34 Padang berada pada kualifikasi baik (77,11). Kedua, keterampilan menuliskarangan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang berada padakualifikasi baik (80,27). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan (berarti)antara keterampilan membaca kritis siswa dan keterampilan menulis karanganargumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang pada taraf signifikan 95%dengan derajat kebebasan n-1 yaitu thitung yang diperoleh 4,65 dan ttabel = 1,70dalam arti thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,65 > 1,70.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikanantara keterampilan membaca kritis dan menulis karangan argumentasi siswakelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Keterampilan membaca kritis danketerampilan menulis argumentasi siswa secara umum tergolong baik karena ratarata berada pada tingkat penguasaan 76-85 pada skala 10.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA KRITIS, KARANGAN ARGUMENTASI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2025 09:06
Last Modified: 02 Oct 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26168

Actions (login required)

View Item
View Item