Sari, Nia Purnama (2014) Hubungan Pengetahuan tentang Paragraf dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NIA_PURNAMA_SARI_57844_1079_2014.pdf [thumbnail of final_B1_NIA_PURNAMA_SARI_57844_1079_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NIA_PURNAMA_SARI_57844_1079_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua hal, yaitu kurangnya pengetahuansiswa tentang paragraf dan kurangnya minat siswa dalam menulis karena adanyaanggapan bahwa menulis itu merupakan hal yang sulit, rendahnya pengetahuanatau wawasan yang dimiliki siswa sehingga mengalami kesulitan dalammengembangkan ide dan gagasan dalam tulisan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan tentangparagraf, mendeskripsikan kemampuan menulis eksposisi, dan mendeskripsikanhubungan pengetahuan tentang paragraf dengan kemampuan menulis eksposisisiswa kelas X SMA Negeri 10 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian iniadalah (1) hakikat menulis, (2) hakikat eksposisi, dan (3) hakikat paragraf.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.Metode deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisansecara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, serta hubunganantarfenomena yang diselidiki. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMANegeri 10 Padang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang.Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data sebagai berikut. (1)Memberi skor terhadap hasil tes pengetahuan tentang paragraf dan hasil teskemampuan menulis eksposisi siswa. (2) Mengubah skor dari tes pengetahuantentang paragraf dan tes kemampuan menulis eksposisi siswa menjadi nilai. (3)Menentukan nilai rata-rata hitung dari pengetahuan paragraf dan kemampuanmenulis eksposisi siswa. (4) Mengklasifdikasikan nilai pengetahuan paragraf dankemampuan menulis eksposisi siswa dengan menggunakan skala sepuluh. (5)Membuat histogram pengetahuan tentang paragraf dan kemampuan menuliseksposisi siswa secara keseluruhan.(6) Pengujian hipotesis. (7) Menganalisis danmembahas data penelitian. (8) Menyimpulkan hasil pembahasan.Dari hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian mengenaihubungan pengetahuan tentang paragraf dengan kemampuan menulis eksposisisiswa kelas X SMA Negeri 10 Padang, dapat disimpulkan tiga hal berikut.Pertama, pengetahuan tentang paragraf siswa kelas X SMA Negeri 10 Padangberada pada kualifikasi hampir cukup (46,8). Kedua, kemampuan menuliseksposisi siswa kelas X SMA Negeri 10 Padang berada pada kualifikasi cukup(62,37). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentangparagraf dengan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 10Padang pada taraf signifikan 95% yaitu sebesar 1,68 .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PARAGRAF, MENULIS EKSPOSISI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 09:05 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 09:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26164 |