Konsepsi Siswa pada Materi Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen di SMA Negeri 1 Pariaman

Alsa, Ratna Asih Lestari (2012) Konsepsi Siswa pada Materi Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen di SMA Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_RATNA ASIH LESTARI ALSA_05100.pdf] Text
final_B1_8_RATNA ASIH LESTARI ALSA_05100.pdf

Download (710kB)

Abstract

Miskonsepsi atau kesalahan konsepsi pada siswa merupakan salah satu
permasalahan yang mengganggu proses pembelajaran. Miskonsepsi dapat terjadi
dalam mempelajari konsep-konsep dalam ilmu kimia, misalnya pada materi ikatan
ion dan ikatan kovalen. Oleh karena itu miskonsepsi perlu diketahui oleh guru dan
ditindaklanjuti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di
SMA Negeri 1 Pariaman. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan konsepsi
siswa pada ikatan ion dan ikatan kovalen, serta menentukan pada konsep-konsep
mana saja siswa mengalami miskonsepsi dan seberapa besar persentase siswa
yang mengalami miskonsepsi pada ikatan ion dan ikatan kovalen. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-2 SMA Negeri 1 Pariaman. Instrumen
penelitian adalah tes diagnostik model pertanyaan terbuka (open-ended question).
Berdasarkan analisa data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsepsi siswa
berupa paham, paham sebagian, miskonsepsi, dan tidak paham. Siswa juga
mengalami miskonsepsi terhadap semua konsep pada materi ikatan ion dan ikatan
kovalen dengan persentase yang beragam. Miskonsepsi siswa yang tertinggi
terdapat pada pembentukan senyawa ion sebesar 43,33% pada kelas X-1 dan
46,88% pada kelas X-2 sedangkan miskonsepsi siswa yang paling sedikit terdapat
pada membedakan ikatan ion dan ikatan kovalen sebesar 10,00% pada kelas X-1
dan 3,13% pada kelas X-2.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 02 Oct 2025 09:05
Last Modified: 02 Oct 2025 09:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26158

Actions (login required)

View Item
View Item