Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Model Pembelajaran Concept Sentence Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Limokampuang Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam

Silvitri, Silvitri (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Model Pembelajaran Concept Sentence Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Limokampuang Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SILVITRI_52107-2011.pdf] Text
final_B1_SILVITRI_52107-2011.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman peneliti selama proses pembelajaran menulis puisi di kelas V SDN 06 Limokampuang Kecamatan Sungaipua, jarang menggunakan model pembelajaran yang tepat. Ini disebabkan kurangnya pemahaman peneliti tentang manfaat model dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran menulis puisi sering terabaikan dan digantikan dengan materi lain sehingga kemampuan menulis puisi siswa selalu di bawah ratarata KKM yang telah ditetapkan. Sementara siswa diharapkan mempunyai kemampuan dalam menulis puisi sesuai dengan unsur-unsur pembentuk puisi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (Class Actioan Research) merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PTK dapat dilakukan untuk semua mata pelajaran, salah satunya adalah mata pelajaran bahasa Indonesia. Materi tentang menulis puisi adalah salah satu materi pembelajaran yang sulit bagi siswa. Untuk itu dibutuhkan model pembelajaran yang efisien dan berfungsi untuk meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi siswa. Model pembelajaran Concept Sentence merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Hal ini telah peneliti buktikan dalam sebuah PTK di kelas V Sekolah Dasar Negeri 06 Limokampuang Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata prapenulisan 41%, saat penulisan 72%, dan pascapenulisan 64%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa prapenulisan 79%, saat penulisan 82%, dan pascapenulisan 76%. Dari hasil akhir proses pembelajaran, nilai yang diperoleh oleh siswa telah terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis puisi dengan model pembelajaran Concept Sentence bagi siswa kelas V SDN 06 Limokampuang Kecamatan Sungaipu Kabupaten Agam tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis Puisi, Model Concept Sentence, Peningkatan Hasil Belajar, Kelas V SDN 06 Limokampuang, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:58
Last Modified: 02 Oct 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26155

Actions (login required)

View Item
View Item