Pengembangan Kecerdasan Sosial-Emosional Anak Melalui Bermain Peran Jual Beli di Kelompok B3 TK Tunas Murni Batu Taba Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam

Mardhiah, A.R, Mardhiah, A.R (2011) Pengembangan Kecerdasan Sosial-Emosional Anak Melalui Bermain Peran Jual Beli di Kelompok B3 TK Tunas Murni Batu Taba Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MARDHIAH_AR_08341_4270_2011.pdf] Text
final_B1_MARDHIAH_AR_08341_4270_2011.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil perkembagan kecerdasan sosial- emosional anak pada Tahun Pelajaran 2010/2011 semester I, tergambar bahwa kecerdasan sosial-emosional anak berkembang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan kecerdasan sosial-emosional anak kelompok B3 TK Tunas Murni Batu Taba Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, yang meliputi kecerdasan 1) berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa, 2) menunjukkan rasa percaya diri dan 3) menunjukkan rasa empati yang dilakukan melalui kegiatan bermain peran jual beli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya guna meningkatkan perkembangan kecerdasan sosial-emosional anak. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki- laki dan 10 orang perempuan. Setting penelitian ini adalah pada bulan April sampai dengan Mei 2011. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan jumlah pertemuan sebanyak 3 kali pertemuan tiap siklusnya. Perlakuan tiap siklus dilakukan dengan tindakan yang berbeda, pada siklus I peneliti memilih kegiatan bermain peran terpimpin dan pada siklus II bermain peran bebas. Pembuatan instrument penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan sumber data adalah data yang diamati selama anak melakukan kegiatan bermain peran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan kecerdasan sosial-emosional anak dalam berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa, menunjukkan rasa percaya diri dan memiliki rasa empati berkembang dengan baik, setelah melakukan kegiatan bermain peran, baik bermain peran terpimpin ataupun bermain peran bebas. Adapun saran dari penelitian ini, diharapkan guru TK dapat menggunakan kegiatan bermain peran sebagai kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan sosial-emosional anak, maupun pengembangan kecerdasan yang lainnya. Selain guru, orang tua juga diharapkan untuk dapat mengembangkan kecerdasan sosial-emosional anak di rumah, karena kecerdasan sosial-emosional merupakan kecerdasan yang harus dikembangkan sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK, BERMAIN PERAN JUAL BELI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:57
Last Modified: 02 Oct 2025 06:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26145

Actions (login required)

View Item
View Item