Novalinda, Silvia (2011) Pengaruh Penggunaan Circuit Learning Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X SMAN 6 Merangin. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SILVIA_NOVALINDA_65239_649_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SILVIA_NOVALINDA_65239_649_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SILVIA_NOVALINDA_65239_649_2011.pdf
Download (238kB)
Abstract
Rendahnya kemampuan pemahaman interpretasi konsep sosiologi siswa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pelaksanaan pembelajaran yang kurang baik atau kurang tepat. Proses pembelajaran di SMAN 6 Merangin cendrung memberikan informasi materi seperti yang ada di buku teks, sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman siswa dalam kemampuan menginterpretasikan materi yang diberikan oleh guru ke dalam kehidupan sehari-hari, padahal inilah yang harus berlangsung pada pembelajaran sosiologi, karena sosiologi ilmu yang bisa ditemukan atau ada dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman interpretasi konsep sosiologi adalah melalui pembelajaran Model Circuit Learning. Pembelajaran ini memberi kesempatan kepada siswa untuk mencari sendiri materi yang akan dipelajari, membuat catatan, peta konsep, dan pertanyaan-pertanyaan. Dengan demikian siswa bisa menemukan makna atau ide-ide mereka sendiri dan menarik kesimpulan dan menjelaskan kembali materi yang dipelajari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, di mana data diperoleh melalui Eksperimen langsung pada siswa SMAN 6 Merangin. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 6 Merangin yang berjumlah 146 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan Random kelompok dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sosiologi yang sama. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 2 kelas yaitu satu untuk kelas eksperimen dan satu lagi untuk kelas kontrol. Setelah dilakukan penelitian di dapat bahwa pencapaian nilai rata-rata kemampuan Interpretasi kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 20,47 kelas eksperimen dan 15,5 kelas kontrol. Pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah dianalisis diperoleh t = 3,94 dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk = 66, sedangkan t tabel = 2,00 karena t tabel < t hitung hitung maka hipotesis nol (H 0 ) ditolak dan H diterima. Uji t pada setiap indikator yaitu Menemukan makna diperoleh t i = 2,00 berarti hipotesis di tolak. Menarik kesimpulan diperoleh t hitung hitung = 6,73 dan pada indikator menjelaskan kembali diperoleh t hitung = 2,24 sedangkan t tabel = 2,00 maka t = 1,03 dan t artinya hipotesis penelitian di terima pada indikator menarik kesimpulan dan menjelaskan kembali tabel dan terdapat pengaruh penggunaan Circuit Learning Terhadap Kemampuan menginterpretasikan konsep sosiologi terutama pada indikator menarik kesimpulan dan menjelaskan kembali
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran Circuit Learning, kemampuan interpretasi konsep sosiologi, pemahaman siswa, eksperimen, SMAN 6 Merangin |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:55 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26126 |