Pengaruh Tugas Meringkas Sebelum Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok

Febriani, Silvia (2010) Pengaruh Tugas Meringkas Sebelum Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SILVIA_FEBRIANI_77475_132_2011.pdf] Text
final_B1_SILVIA_FEBRIANI_77475_132_2011.pdf

Download (190kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar biologi siswa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah kurangnya aktivitas belajar siswa yang ditandai siswa sering pasif dalam pembelajaran. Pemberian tugas meringkas sebelum pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi, yang akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tugas meringkas sebelum pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kubung. Karena keseluruhan kelas yang menjadi populasi penelitian terdistribusi normal dan homogen, maka untuk menentukan kelas sampel digunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh kelas X.f sebagai kelas eksperimen dan kelas X.e sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer berupa tes akhir dari kedua kelas sampel yang terpilih. Teknik analisis data dengan yang digunakan uji t dengan kriteria bila t hitung > t berarti hipotesis diterima dan sebaliknya. Berdasarkan tes akhir yang dilakukan didapatkan nilai rata-rata kelas tabel eksperimen 74,02 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 67,6. Setelah data di analisis dengan uji t diperoleh t hitung yaitu 2,41, bila dibandingkan dengan t yaitu 1,67, maka t hitung > t . Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh tugas meringkas sebelum pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kubung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, aktivitas belajar, tugas meringkas, pembelajaran kooperatif, eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:51
Last Modified: 02 Oct 2025 06:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26117

Actions (login required)

View Item
View Item