Sari, Lendia (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pada Penjumlahan Pecahan melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri No. 19 Olo Pariaman Utara Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LENDIA_SARI_09743_3222_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LENDIA_SARI_09743_3222_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LENDIA_SARI_09743_3222_2011.pdf
Download (319kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SDN No. 19 Olo Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman disebabkan karena pembelajaran berpusat pada guru (teacher center). Siswa kurang terlihat aktif selama proses pembelajaran dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hasil belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN No.19 Olo Kec. Pariaman Utara Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru praktisi dan siswa kelas IV SDN No. 19 Olo yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2010/2011. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, pencatatan lapangan dan tes. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I adalah 6,7 dengan persentase ketuntasan belajarnya adalah 67%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 8,0 dengan persentase ketuntasan yang diperoleh adalah 86%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN No.19 Olo Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Penjumlahan Pecahan melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:51 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 02:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26102 |