Rastiana, Selly (2011) Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD Disertai dengan Teknik Quick on The Draw dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Solok Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SELLY RASTIANA-77421-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SELLY RASTIANA-77421-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SELLY RASTIANA-77421-2011.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa dalam pembelajaran
matematika siswa selalu mengandalkan guru sebagai sumber informasi dan
kurang optimalnya kerja kelompok. Hal ini berdampak pada aktivitas dan hasil
belajar siswa yang belum memuaskan. Melihat permasalahan ini, maka diterapkan
pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan teknik quick on the draw
yang diperkirakan efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Dari permasalahan tersebut, dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu
bagaimanakah keefektifan penggunaan model kooperatif tipe STAD disertai
dengan teknik quick on the draw terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran matematika dan apakah hasil belajar matematika siswa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan
teknik quick on the draw lebih baik dari hasil belajar matematika dengan
menggunakan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah perpaduan antara penelitian eksperimen dengan
rancangan randomized control group only desain dan penelitian deskriptif.
Sampel dipilih secara random dari populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Kota Solok tahun pelajaran 2010/211. Sampel yang terpilih adalah kelas
VII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe
STAD disertai dengan teknik quick on the draw dan kelas VII F sebagai kelas
kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian deskriptif
digunakan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di
kelas eksperimen. Untuk mengambil data dari kelas eksperimen, digunakan tes
hasil belajar yang terdiri atas tes prasyarat, tes submateri dan tes akhir berupa tes
essay dan lembar obervasi aktivitas siswa serta tes akhir dari kelas kontrol. Data
yang diperoleh dianalisis peningkatan ketuntasan dan nilai rata-ratanya,
perpindahan kelompok hasil belajarnya pada kelas eksperimen, kemudian
dilakukan uji hipotesis yaitu uji t pada tingkat signifikansi α = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, penggunaan
pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan teknik quick on the draw
efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa terutama pada aktivitas menjelaskan
jawaban kelompok pada guru dan mematuhi aturan quick on the draw. Dari
analisis data hasil belajar, diperoleh persentase ketuntasan dan nilai rata-rata siswa
kelas eksperimen meningkat jika dibandingkan dengan sebelum perlakuan.
Perpindahan siswa ke kelompok hasil belajar yang lebih tinggi cenderung
meningkat. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh p-value = 0,017. Karena p
value <α maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hasil belajar
matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai
dengan teknik quick on the draw lebih baik daripada siswa yang menggunakan
pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 01:11 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 01:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26093 |