Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Teknik Meneruskan Puisi Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 1 Pariaman

Ramuna, Selvi (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Teknik Meneruskan Puisi Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SELVI_RAMUNA_83444_4720_2011.pdf] Text
final_B1_SELVI_RAMUNA_83444_4720_2011.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan
keterampilan menulis puisi melalui teknik meneruskan puisi siswa kelas VII-1 SMP
Negeri 1 Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Pariaman yang
berjumlah 28 orang. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus
dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan tatap muka. Setiap siklus dilaksanakan
melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data
penelitian berupa hasil tes unjuk kerja tertulis, hasil lembar observasi, dan hasil
angket respon siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui
teknik meneruskan puisi siswa kelas VII-1 SMP N 1 Paiaman tahun ajaran
2010/2011.
Berdasarkan deskripsi data dan analisis data dapat disimpulkan bahwa
keterampilan menulis puisi melalui teknik meneruskan puisi siswa kelas VII-1 SMP
negeri 1 Pariaman dari siklus 1 hingga siklus 2 mengalami peningkatan. Hasil
peningkatan tersebut adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi
siswa melalui teknik meneruskan puisi pada siklus 1 dilihat dari hasil tes unjuk kerja
siswa sudah mengalami peningkatan dari tes awal yang telah dilaksanakan. Namun,
peningkatan tersebut masih belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, karena rata
rata hasil unjuk kerja siswa masih berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Dilihat
dari hasil lembar observasi, rata-rata hasil observasi kegiatan belajar mengajar siswa
berada pada kualifikasi kurang. Kemudian, dilihat dari rata-rata hasil angket respon
siswa terhadap pembelajaran menulis puisi melalui teknik meneruskan puisi berada
pada kualifikasi buruk. Berdasarkan hasil pada siklus 1 yang masih berada pada
kualifikasi lebih dari cukup, maka dilaksanakan siklus 2 untuk meningkatkan
keterampilan menulis puisi siswa. Kedua, keterampilan menulis puisi siswa melalui
teknik meneruskan puisi pada siklus 2 dilihat dari hasil unjuk kerja siswa sudah
mengalami peningkatan dari siklus 1 yang telah dilaksanakan, hasil tes unjuk kerja
siswa telah berada pada kualifikasi baik sekali. Dilihat dari hasil lembar observasi,
rata-rata hasil observasi kegiatan belajar mengajar siswa telah berada pada kualifikasi
baik. Kemudian, dilihat dari rata-rata hasil angket respon siswa terhadap
pembelajaran menulis puisi melalui teknik meneruskan puisi telah berada pada
kualifikasi baik.
Dapat disimpulkan secara keseluruhan rata-rata hasil tes menulis puisi siswa
kelas VII-1 SMP Negeri 1 Pariaman melalui teknik meneruskan puisi dari siklus I
kualifikasi lebih dari cukup dan siklus II meningkat menjadi kualifikasi baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2025 01:10
Last Modified: 02 Oct 2025 01:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26091

Actions (login required)

View Item
View Item