Pengaruh Model Belajar Aktif Dengan Reviewing Strategies Menggunakan Indeks Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di Kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai

Yonni, Silvia (2011) Pengaruh Model Belajar Aktif Dengan Reviewing Strategies Menggunakan Indeks Card Match (ICM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi di Kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SILVIA YONNI-73247-2011.pdf] Text
final_B1_SILVIA YONNI-73247-2011.pdf

Download (191kB)

Abstract

Materi pelajaran tata nama senyawa dan persamaan reaksi biasanya dijelaskan oleh guru didepan kelas dan dilanjutkan dengan berdiskusi membahas soal-soal latihan yang diberikan oleh guru. Dalam pelaksanaan diskusi tidak semua siswa aktif mengerjakan soal yang diberikan, hanya sebagian siswa yang membahas soal-soal tersebut. Siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan juga sedikit dan interaksi antara siswa dengan guru maupun antara siswa dengan siswa lainnya masih rendah. Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah yang pada akhirnya berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan model belajar aktif dengan Reviewing Strategies menggunakan Indeks Card Match (ICM) selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model belajar aktif Reviewing Strategies menggunakan Indeks Card Match terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Model rancangan penelitian ini adalah” Randomized Control Group Only Design”. Penelitian ini dilakukan di Kelas X SMAN 1 Batang Anai pada semester 1 tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga didapat kelas X sebagai kelas eksperimen dan kelas X sebagai kelas kontrol. Pengamatan aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi pada kedua kelas sampel diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen 53,81% lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 38,25%. Dari analisis data hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 60,87 lebih tinggi daripada hasil belajar kelas kontrol yaitu 53,90. Melalui uji hipotesis menggunakan uji t’ diperoleh harga t’ hitung = 2,24 dan harga t 5 = 2,04 pada taraf kepercayaan 97,5% dengan α= 0,025. Dengan demikian t tabel hitung > t , artinya aktivitas dan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan model belajar aktif dengan Reviewing Strategies menggunakan Indeks Card Match (ICM) lebih tinggi secara signifikan daripada tabel hasil belajar kimia siswa dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model belajar aktif, Reviewing Strategies, Indeks Card Match (ICM), aktivitas belajar siswa, hasil belajar kimia, kelas X, SMAN 1 Batang Anai, uji t, Randomized Control Group Only Design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 02 Oct 2025 01:10
Last Modified: 02 Oct 2025 01:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26085

Actions (login required)

View Item
View Item