Bahari, Silvia (2011) Peningkatan Hasil Belajar Sifat Bangun Datar Dengan Metode Belajar Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas V SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SILVIA BAHARI _90759_2922_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SILVIA BAHARI _90759_2922_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SILVIA BAHARI _90759_2922_2011.pdf
Download (702kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sifat bangun datar masih dilaksanakan secara konvensional, sehingga siswa sulit memahami sifat bangun datar. Untuk itu penulis melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa mengenai sifat-sifat bangun datar dengan metode belajar kooperatif tipe Student Teams Achivement Divisions (STAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil pembelajaran sifat bangun datar menggunakan metode belajar kooperatif tipe (STAD). Pembelajaran dengan menggunakan metode belajar kooperatif tipe STAD mempunyai 6 langkah, yaitu penyajian materi, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan hasil kegiatan kelompok, tes secara individual, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompok.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2010/2011 di SD Negeri 01 Bandar Buat Kota Padang dengan subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil tes. Materi pada siklus I mengetahui sifat-sifat bangun datar. Hasil penelitian siklus I pertemuan 1, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 63,85, dan pada pertemuan 2 adalah 69,81. Sedangkan pada siklus II materi yang diajarkan adalah mengenai hubungan antar bangun datar. Pada pertemuan 1 nilai rata-rata yang diperoleh adalah 83,65 dan nila rata-rata pada pertmuan 2 adalah 93,08. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode belajar kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi sifat bangun datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran matematika, sifat bangun datar, metode kooperatif, tipe STAD, hasil belajar siswa, penelitian tindakan kelas, SD Negeri 01 Bandar Buat, kelas V, siklus I dan II. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 04:55 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 04:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26082 |