Sepwita, Leli (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 30 Desa Baru Kecamatan Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LELI_SEPWITA_09836_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LELI_SEPWITA_09836_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LELI_SEPWITA_09836_2011.pdf
Download (529kB)
Abstract
Berdasarakan pengamatan peneliti bahwa hasil pembelajaran IPA yang dilaksanakan di Kelas IV SDN 30 Desa Baru siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas IV SDN 30 Desa Baru Kecamatan Koto XI Tarusan yang meliputi(1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Kegiatan penelitian meliputi (1) kegiatan refleksi awal yang terdiri dari studi pendahuluan, serta penyusunan rancangan, (2) kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi, dan (3) kegiatan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 16 orang. Setelah data terkumpul data disesuaikan dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian siklus I penilaian hasil (kognitif) diperoleh nilai rata-rata 63, penilaian proses afektif pertenuan I 72 dan pertemuan II 73. Penilaian hasil psikomotor pertemuan I 73 pertemuan II 75. Hasil penelitian siklus lII penilaian hasil (kognitif) diperoleh nilai rata-rata 80, penilaian proses (afektif) pertemuan I 82 dan pertemuan II 84 dan penilaian psikomotor pertemuan I nilai rata-rata diperoleh 81 dan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belaja IPA siswa kelas IV SDN 30 Desa Baru Kecamatan Koto XI Tarusan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 04:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 04:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26075 |