Studi Deskriptif Tentang Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun dalam Belajar di TK Pertiwi I Kantor Gubernur

Rahmadini, Maiza (2011) Studi Deskriptif Tentang Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun dalam Belajar di TK Pertiwi I Kantor Gubernur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MAIZA_RAHMADINI_88479_3352_2011.pdf] Text
final_B1_MAIZA_RAHMADINI_88479_3352_2011.pdf

Download (574kB)

Abstract

Keluarga merupakan pemberi pengetahuan dasar bagi anak dan yang menjadi pendidiknya adalah orangtua. Pendidikan yang diberikan orangtua tercermin dari pola asuh yang diterapkan kepada anak dan akan mempengaruhi kemandirian anak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pola asuh orangtua otoriter terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dalam belajar, 2) Mendeskripsikan pola asuh orangtua demokratis terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dalam belajar, 3) Mendeskripsikan pola asuh orangtua permissive indifferent terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dalam belajar, 4) Mendeskripsikan pola asuh orangtua permissive indulgent terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan menggambarkan fenomena yang terjadi apa adanya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh orangtua anak didik di TK Pertiwi I Kantor Gubernur Padang dan sampel penelitian sebanyak 40 orang yang diambil melalui teknik Cluster Random Sampling. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket dan data diolah menggunakan teknik persentase dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for Social Science). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 42,27% orangtua yang memilih kurang setuju dan 35,91% yang memilih tidak setuju, sehingga jumlah keduanya mencapai 78,18% dalam pola asuh authoritarian terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dalam belajar. Rata-rata secara keseluruhan yaitu 41,5% orangtua yang memilih sangat setuju dan 47% yang memilih setuju, sehingga jumlah keduanya mencapai 88,5% dalam pola asuh authoritative terhadap kemandirian anak usia 4- 5 tahun dalam belajar. Rata-rata secara keseluruhan yaitu 42,25% orangtua yang memilih kurang setuju dan 42% yang memilih tidak setuju, sehingga jumlah keduanya mencapai 84,25% dalam pola asuh permissive indifferent terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dalam belajar. Rata-rata secara keseluruhan yaitu 34,45% orangtua yang memilih kurang setuju dan 39,44% yang memilih tidak setuju, sehingga jumlah keduanya mencapai 73,89% dalam pola asuh permissive indulgent terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun dalam belajar. Sesuai dengan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu secara umum orangtua sudah menerapkan pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak mereka, sehingga untuk kedepannya perlu dipertahankan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: POLA ASUH ORANGTUA, KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 01 Oct 2025 04:54
Last Modified: 01 Oct 2025 04:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26074

Actions (login required)

View Item
View Item