Hubungan Kemampuan Membaca Cerpen dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok

Novita, Leli (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Cerpen dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LELI_NOVITA_86491_5092_2011.pdf] Text
final_B1_LELI_NOVITA_86491_5092_2011.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu. Pertama, pada umumnya siswa jarang mengunjungi perpustakaan. Kedua, siswa kurang berminat dalam kegiatan menulis disebabkan kurangnya pembendaharaan kosa kata siswa. Ketiga, siswa kurang menerapkan unsur-unsur pembangun cerpen. Keempat, kemampuan membaca cerpen siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan melihat hasil deskripsi tentang hal berikut. Pertama, kemampuan membaca cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan. Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih kabupaten Solok. Ketiga, hubungan antara kemampuan membaca cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini tes kemampuan membaca cerpen yang terdiri dari 25 butir soal berbentuk pilihan ganda dan kemampuan menulis cerpen berupa tes unjuk kerja. Data kedua kemampuan siswa diperoleh kemudian dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, memeriksa dan melakukan penyekoran. Kedua, mengubah skor tes menjadi nilai dan menggunakan rumus persentase. Ketiga, menafsirkan kedua kemampuan berdasarkan konversi skala 10. Keempat, membuat histogram kedua kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih kabupaten Solok. Kelima, mengkorelasikan kedua variabel. Keenam, pengujian hipotesis. Ketujuh, membahas hasil analisis dan menyimpulkan hasil. Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, rata-rata tingkat kemampuan membaca cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih kabupaten Solok berada pada kualifikasi baik (80,67). Kedua, rata-ratan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih kabupaten Solok berada pada kualifikasi baik (77,51). Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca cerpen dengan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Junjung Sirih kabupaten Solok diperoleh nilai t hitung sebesar 4,543 > t tabel dengan derajat kebebasan (n-2) dan taraf signifikan 95% yaitu sebesar 1,701.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Cerpen, Kemampuan Menulis Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 01 Oct 2025 04:54
Last Modified: 01 Oct 2025 04:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26072

Actions (login required)

View Item
View Item