Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Resensi Buku Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi

Maisuryani, Maisuryani (2011) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menulis Resensi Buku Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MAISURYANI_72589_1622_2011.pdf] Text
final_B1_MAISURYANI_72589_1622_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, menjelaskan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi. Kedua, menjelaskan kemampuan menulis resensi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi. Ketiga, menjelaskan hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan menulis resensi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan motode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan membaca pemahaman, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis resensi buku. Penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan rumus Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh tiga simpulan. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Kedua, kemampuan menulis resensi buku siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat hubungan antara kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi yang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan kemampuan menulis resensi buku siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bukittinggi yang juga berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Artinya, apabila kemampuan membaca pemahaman siswa tinggi, maka kemampuan menulis resensi buku siswa pun tinggi. Sebaliknya, apabila kemampuan membaca pemahaman siswa rendah, maka kemampuan menulis resensi buku siswa pun rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA PEMAHAMAN, MENULIS RESENSI BUKU
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 01 Oct 2025 04:53
Last Modified: 01 Oct 2025 04:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item
View Item